Tips Umroh Sehat

Tips sehat dan bugar selama di Tanah Suci

Ibadah umroh membutuhkan energy yang cukup besar dan kondisi tubuh yang bugar. Hal ini karena terdapat kegiatan berjalan mengelilingi Ka`bah ( thawaf ) dan Sa`i yakni berlari kecil dari Shafa menuju Marwa. Sehingga ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kondisi tubuh kita selalu fit dan bugar, apalagi cuaca di Arab Saudi yang relative sedikit berbeda dengan negara kita dengan suhu di siang hari yang mencapai 45 derajat celcius. Cukup panas dan terik bagi jamaah asal Indonesia meski telah terbiasa dengan cuaca panas musim kemarau.

Suhu yang panas dapat memicu dehidrasi ( kekurangan cairan tubuh ) sehingga para jamaah harus memperhatikan pola makanan yang harus dikonsumsi yang dapat mengurangi efek dehidrasi. Bila tubuh dalam kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan, maka tubuh akan mengalami kelelahan, tubuh terasa lemah dan sakit kepala. Hal ini tentu bisa menjadi berbahaya bagi para jamaah terutama yang telah berusia lanjut.

Para jamaah dapat membawa sendiri botol air minum dan mengisinya dengan air zam-zam yang dapat diperoleh secara gratis. Air zam-zam meski dapat diminum dalam keadaaan mentah namun cukup hegienis dan mengandung kadar fluoride yang cukup tinggi untuk membunuh kuman.

Cuaca panas memang cukup menggoda agar jamaah minum air es yang dingin, namun minumlah secukupnya saja. Minum air es berlebih di cuaca yang panas dapat menyebabkan infeksi tenggorokan yang dapat mengganggu proses ibadah para jamaah.

Selain cukup minum air putih, jamaah juga disarankan agar mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki kadar air dan mengandung vitamin C untuk kekebalan tubuh seperti jeruk, apel, pir dan pisang. Selain cukup minum air putih dan mengkonsumsi buah-buahan, usahakan pula memperhatikan apa yang kita makan.

Menu yang kita makan hendaknya cukup mengandung karbohidrat untuk energy serta sayur dan protein sebagai penyeimbang. Selain nasi, jamaah dapat mengkonsumsi roti gandum. Bila kurang menyukai makan roti gandum dengan kuah kari ala hidangan timur tengah, makanlah roti gandum tersebut dengan selai sesuai selera. Intinya, jangan memaksakan diri dengan hidangan yang belum tentu cocok dengan anda. Bila kita makan di restoran, perhatikan pula kebersihan tempat dan cucilah tangan sebelum makan.

Hindari aktifitas tak perlu yang dapat menghabiskan energy, seperti kegiatan belanja berlebihan yang kerap dilakukan oleh jamaah Indonesia. Secukupnya saja, sisanya lebih banyak pergunakan untuk kegiatan beribadah dan beristirahat. Tubuh yang kelelahan sangat rentan terhadap penyakit, karena itu untuk mengantisipasi tertularnya tubuh jamaah dengan virus atau penyakit yang mungkin dibawa oleh jamaah lain,, gunakan masker penutup hidung. Terutama untuk menghindari penularan virus Merrs yang kerap menghantui para calon jamaah yang akan berangkat beribadah ke Tanah Suci.

Siapkan obat-obatan untuk penyakit ringan seperti batuk, flu, sakit perut atau minyak gosok. Hubungi pula posko kesehatan terdekat bila anda merasa kurang sehat sehingga para tenaga medis disana dapat membantu jamaah.

Jangan memforsir tenaga berlebihan, segeralah beristirahat bila anda merasa tidak enak badan. Ibadah lainnya selain rangkaian umroh dapat sementara anda lakukan di hotel atau pemondokan tempat anda menginap. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan misalnya pingsan di masjid atau di jalan.

Berdoalah senantiasa agar dapat menjalankan ibadah dengan lancar hingga usai dan kembali ke tanah air dalam kondisi sehat wal`afiat.

Demikian kiat tetap bugar selama menjalankan ibadah di Tanah Suci. Semoga bermanfaat.

Load disqus comments

0 komentar

Paket paket umroh Ramadhan Alsha Tour banyak membantu para calon jamaah yang memiliki keterbatasan dana namun memiliki niatan yang sangat kuat agar segera dapat menunaikan ibadah umroh. Meski paket umroh reguler memiliki harga yang murah namun bukan murahan. Anda akan mendapatkan fasilitas berupa armada penerbangan sekelas Garuda atau Saudi Airlines dan Anda akan mendapatkan direct flight atau penerbangan langsung dari Jakarta ke kota Jeddah di Madinah tanpa transit.


Demikian pula dengan fasilitas menginap atau hotel. Jarak yang tidak terlalu jauh dan fasilitas hotel yang nyaman akan menunjang pelaksanaan ibadah umroh awal dan Anda dapat beristirahat dengan baik setelah melaksanakan ibadah umroh yang benar-benar menguras energi.


Jadi, tunggu apalagi? Segeralah Daftarkan diri anda klik di sini Paket Umroh Murah Alsah Tour agar tidak kehabisan seat terutama pada puncak musim umroh seperti pada umroh awal ramdhan dan paket umroh Ramadhan lainnya.